Analisis Resiko Pailit Pada UMKM Tas Rajut Homemade Di Dusun Kedungdowo Akibat Segmentasi Pasar Yang Keliru
DOI:
https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i2.937Keywords:
UMKM, Risiko Pailit, Segmentasi Pasar, Strategi PemasaranAbstract
UMKM memainkan peran penting dalam mendukung perekonomian lokal, namun ketidakmampuan dalam menentukan segmentasi pasar yang tepat sering kali menjadi pemicu risiko pailit.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko pailit pada UMKM di Dusun Kedungdowo akibat kesalahan dalam segmentasi pasar.Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode wawancara mendalam,observasi dan analisis dokumen untu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan segmentasi pasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakpahaman terhadap kebutuhan konsumen ,kurangnya data pasar yang valid,dan strategi pemasaran yang tidak sesuai menjadi penyebab utama.Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi segmentasi pasar yang lebih efektif untuk mengurangi risiko pailit dan meningkatkan keberlanjutan UMKM
References
Agustini, N. K. Y. (2003). Segmentasi Pasar, Penentuan Target dan Penentuan Posisi. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 1(2), 91-106.
Andriawan, N. S. (2019). PENGARUH SUASANA KAFE, KUALITAS MAKANAN, FAKTOR PSIKOLOGIS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA “POS RONDA CAFE” DI MAGELANG (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang)
Azifah, N. (2022). Mengidentifikasi Segmen Pasar
Creswell. J. W. (1994). Research design qualitative & quantitative approaches. Sage
Fathoni, A. (2017). Manjemen Pemasaran.
Frankel. J. R. & Wallen. N. E. (1998). How to design and evaluate research in education (Second Edition). Mc. Graw Hill Inc.
Hulu, B., Dakhi, Y., & Zalogo, E. F. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Ud. Mitra Kecamatan Amandraya. Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(2), 16-25
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran.(12 Jilid 1). Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Keller, KL (2013). Manajemen Pemasaran.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management.
Laia, S., Dakhi, Y., & Dakhi, P. (2021). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Volume Penjualan Di Ud. Lis Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. PARETO: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(2), 36-46.
Lincoln, Y. S., & Denzin, N. K. (1994). The fifth moment. Handbook of qualitative research, 1, 575-586.
Lupitasari, A. (2014). Pengaruh Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan pada PT Salama Nusantara Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyana, M. (2019). Segmentasi pasar, penargetan pasar dan pemosisian.
Nugroho, D. W., & Saputro, E. P. (2015). Pengaruh Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan pada Percetakan Buku CV. Bima Jaya di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sarjono,Haryadi .2012.Manajemen pemasaran.Jakarta: Raja Grafindo.
Soebakir, B. D., Lumanauw, B., & Roring, F. (2018). Pengaruh brand, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan membeli di kedai kopi gudang imaji Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Sudrartono, T. (2019). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Umk.
Tan, C. A. P. W. (2018). PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI, LOKASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PAT THAI YA THAI TEA DI PASAR ATOM MALL SURABAYA (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Darma Cendika).
Wahyudi, N. (2013). PERANCANGAN PUSAT PROMOSI, INFORMASI DAN PERDAGANGAN PRODUK AUDIO VISUAL DI SEMARANG. Canopy: Journal of Architecture, 2(1).
Walidin,W.(2010).Saifullah,& Tabrani.(2015).Metodologi Penelitian kualitatif & grounded theory.FTK Ar-Raniry Press,2010.