Analisis Asas Dan Landasan Koperasi Dalam Mensejahterakan Anggota (Studi Kasus Koperasi KP-RI Kamal)

Authors

  • Fidya Puji Ramadhani Universitas Trunojoyo Madura
  • Raudhatul Mustaqimah Universitas Trunojoyo Madura
  • Mashudi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i2.901

Keywords:

Asas Koperasi, Landasan Koperasi, Kesejahteraan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan asas dan landasan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) dalam usaha meningkatkan kesejahteraan anggotanya, dengan studi kasus yang difokuskan pada KPRI Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, serta pengumpulan dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asas kekeluargaan dan gotong royong yang dianut KPRI menciptakan partisipasi aktif dari anggotanya. Dasar hukum yang kuat, berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992, memberikan kepercayaan bagi operasional KPRI. Prinsip utama koperasi “dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota” menciptakan rasa kepemilikan dan tanggung jawab bersama. Meskipun KPRI menghadapi tantangan seperti penurunan jumlah anggota dan persaingan dari lembaga keuangan lain, koperasi ini terus berinovasi dan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui berbagai program dan layanan. koperasi harus berfokus pada kesejahteraan anggota untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan koperasi. Kesimpulannya, implementasi asas dan landasan koperasi yang baik serta partisipasi aktif anggota merupakan kunci keberhasilan KPRI dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

References

Arnawa, Gede. (2014). “Manajemen Koperasi Menuju Kewirausahaan Koperasi.” Widya Amerta Jurnal Manajemen Fak. Ekonomi 1 (1): 1–12. https://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/708.

Khairani, Nora, and Ripho Delzy Perkasa. (2023). “Analisis Peranan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (Kpri) Guru-Guru Sd Kec. Lubuk Pakam Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 8 (2): 1384–89. http://dx.doi.org/10.30651/jms.v8i2.19917.

Kojongian, Melisa, Willem Tumbuan, and Imelda Ogi. (2022). “Efektifitas Dan Efisiensi Bauran Pemasaran Pada Wisata Religius Ukit Kasih Kanonang Minahasa Dalam Menghadapi New Normal.” Jurnal EMBA 10 (4): 1968.

Nisa’, Fiky Magrirotun. (2014). “Tujuan Koperasi Syariah.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

Nurjannah, Inanna, and Rahmatullah. (2021). KONSEP DASAR KOPERASI. Edited by Tahta Media. CV TAHTA MEDIA GROUP.

Priliandani, Ni Made Intan, Ni Made Rai Juniariani, and Ni Putu Sri Mariyatni. (2018). “Pengaruh Ukuran Koperasi, Jenis Koperasi Serta Pengalaman Kepengurusan Manajemen Terhadap Kualitas Sistem Pengendalian Intern Pada Koperasi Di Kabupaten Tabanan.” Jurnal Aplikasi Akuntansi 3 (1): 141–78. https://doi.org/10.29303/jaa.v3i1.37.

Savira, Khairunnisah. (2019). “Implikasi Penerapan Asas Kekeluargaan Dalam Kesejahteraan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Di Koperasi Karyawan Pusri.” UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG. https://repository.unsri.ac.id/15476/.

Wulandari, Sepia Ngadi, Helina Dewi Septiani, Marhamah Izat Rodliyah, Rony, and Edward Utama. (2024). “Analisis Prinsip-Prinsip Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota.” MUSYTARI Neraca Manajemen, Ekonomi 3 (7): 1–9. https:doi.org/ 10.8734/mnmae.v1i2.359.

Yanti, Asnita Juni. (2025). “Analisis Pengaruh Penyelesaian Kredit Macet Terhadap Laporan Keuangan Pada Ksp Cu Mandiri Tanjung Medan.” Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa 19 (1): 278–86.

Published

2025-05-15

How to Cite

Ramadhani, F. P., Mustaqimah, R., & Mashudi. (2025). Analisis Asas Dan Landasan Koperasi Dalam Mensejahterakan Anggota (Studi Kasus Koperasi KP-RI Kamal). Paraduta : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 49–54. https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i2.901

Issue

Section

Artikel