Pemanfaatan Whatsapp Group “Pasar Online” Sebagai Media Jual Beli Masyarakat Modern

Pemanfaatan Whatsapp Group “Pasar Online” Sebagai Media Jual Beli Masyarakat Modern

Authors

  • Tubagus Faai Faujan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ria Yuni Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mayang Sari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Idzma Nuraini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Desi Nurafiyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Zidni Hudaya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mohamad Firdaus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Supiati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i1.809

Keywords:

Pemanfaatan Grup WhatsApp, Masyarakat Modern, Teknologi Informasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana WhatsApp Group ini digunakan sebagai media jual beli. WhatsApp Group ini terdiri dari 3 komplek yaitu Banten Indah Permai, Taman Banten Lestari, Taman Mutiara Indah dan berisi 215 anggota. Keuntungan menggunakan jual beli dengan membuat WhatsApp Group adalah sangat mudah baik dari segi penjual maupun pembeli. Selain itu, ketika berbelanja melalui WhatsApp Group tidak ada ongkos kirim sama sekali. Bagi penjual, keuntungan yang didapatkan adalah kemudahan promosi dan dapat berjualan di rumah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi pada salah satu anggota WhatsApp Group “pasar daring”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Group efektif sebagai wadah jual beli dengan tingkat kepuasan pengguna yang didukung oleh kemudahan akses, komunikasi real time, dan efisiensi biaya operasional. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengetahui proses jual beli dengan menggunakan teknologi

References

Ainiyah, Q. (2017). Urgensi pendidikan perempuan dalam menghadapi masyarakat modern. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 97-109.

Effendi, L., & Nasution, M. I. P. (2022). Perilaku Transaksi Ekonomi Pengguna Media Sosial sebagai Dampak Perkembangan Ekonomi Digital. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya, 1(3), 162-165.

Rizik, M., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Pendidikan masyarakat modern dan tradisional dalam menghadapi perubahan sosial dan modernisasi. Jurnal Literasiologi, 5(2).

Octaviana, R. (2020). Konsep konsumerisme masyarakat modern dalam kajian Herbert Marcuse. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(1), 121-133.

Srigati, B., Solihin, M., & Sholikhah, F. (2023). Whatsapp Group Sebagai Media Transaksi Pembangkit Ekonomi Masyarakat Pasar Rebo Miliran Yogyakarta. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 137-153.

Zakirman, Z., & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27-38.

Published

2025-02-13

How to Cite

Faai Faujan, T., Yuni Lestari, R., Ahyani, Sari, M., Nuraini, I., Nurafiyani, D., … Supiati. (2025). Pemanfaatan Whatsapp Group “Pasar Online” Sebagai Media Jual Beli Masyarakat Modern: Pemanfaatan Whatsapp Group “Pasar Online” Sebagai Media Jual Beli Masyarakat Modern. Paraduta : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 5–13. https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i1.809