Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Di Ruang Publik Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka

Jaki Yudin, Aan Nurjanah, Desi Indri Widiastuti

Sari


Bahasa Indonesia yang benar secara kaidah belum banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini terdapat pada penggunaan bahasa Indonesia di ruang public yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia yang terdapat di ruang publik Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Data yang diambil sebagai objek penelitian adalah kata, frasa, atau kalimat yang terdapat pada papan informasi/nama, reklame, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sementara Teknik analisis data meliputi tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pengunaan bahasa Indonesia secara berurutan banyak ditemukan pada tataran fonologi, morfologi, dan semantik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia yang benar belum sepenuhnya diterapkan oleh masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assael. (1998). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran Kualitatif. Yogyakarta: Diva Press.

Hilmi, B., Saputra, H. R., Hidayah, S. S., & Suwardana, R. T. (2023). Penggunaan Bahasa Indonesia Warga Sekitar Yang Dapat Berpengaruh Dalam Lingkungan Sosial Dan Budaya. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 149-159.

Humaeroh, L. M., Hendaryan, H., & Hidayatullah, A. (2023). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA PENULISAN MEDIA RUANG PUBLIK DI KECAMATAN CIAMIS. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 225-229.

Lubis, A. A., Kirani, S. D., Meiliasari, D., Rakha, Y., Wardani, A. S., Jazilah, A., & Sholihatin, E. (2023). Strategi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Iklan Toko Online Lazada Untuk Menarik Minat Konsumen. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7965-7975.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, H.G. dan Tarigan, D. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yudin, J. (2020). KESALAHAN BAHASA TULIS DI RUANG PUBLIK KOTA CIREBON DITINJAU DARI TATARAN LINGUISTIK. Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 8(1), 1-11.

Zulianti, I., Fatmawati, M., Ningtyas, A. W., Sari, N., & Wulandari, I. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PEMASARAN DALAM BISNIS TIKTOK SHOP. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 6(2), 303-318.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/paraduta.v2i1.587

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks By:

     


KANTOR EDITORIAL

Paraduta : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial

PRODI MANAJEMEN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085228098616

Email: paraduta87@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.