Kehandalan dalam Pelayanan Cuti dan Izin Pegawai Negeri Sipil di BKPSDM Kabupaten Tolitoli

Muhammad Iqbal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kehandalan BKPSDM Kabupaten Tolitoli dalam pelayanan cuti dan izin Pegawai Negeri Sipil. Penelitian dilaksanakan dari bulan November 2022 s/d Januari 2023 di BKPSDM Kabupaten Tolitoli, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan berjumlah 7 orang yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Mereka terdiri dari 2 orang staf Sub Bidang Disiplin Pegawai, Kepala Sub Bidang Disiplin, 3 orang pegawai yang mengajukan cuti/ izin, dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Data dikumpulkan melalaui pengamatan, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan teknik data kualitatif menurut Miles dan Huberman.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aspek kehandalan dalam pelayanan cuti dan izin pegawai negeri sipil di BKPSDM Kabupaten Tolitoli belum terpenuhi. Kecepatan pelaksana dalam melayani pengurusan cuti dan izin terkendala karena dikerjakan secara manual; proses pengurusan yang melewati berbagai macam lembaga/ organisasi yang berkaitan pengusulan terutama izin cerai; dan proses disposisi dan verifikasinya yang melibatkan banyak pihak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BKPSDM Kabupaten Tolitoli. (n.d.). BKPSDM. BKPSDM Kabupaten Tolitoli. Retrieved July 16, 2023, from https://bkpsdm-tolis.com/

Busrowi & Sukidin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendikia.

Febrianti, N. A., & Azmi, U. (2023). Pengembangan Sistem Pengajuan Cuti Online Pegawai Di Rumah Sakit Umum Anwar Medika. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 9(2), 63–69. https://doi.org/10.7454/arsi.v9i2.6791

Harding, D., Kadiyono, A. L., Hidayat, Y., & Yuniarti, N. (2018). Human resource training and development asan answer toaec challenge. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 2(2), 185–192.

Iqbal, M., & Jamaluddin, I. I. (2023). Aspek Jaminan Pengurusan Karis / Karsu Di BKPSDM Kabupaten Tolitoli. PARADUTA: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(2), 40–44. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Paraduta/article/view/312

Juwita, G. S., Marlinae, L., Rahman, F., Studi, P., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Lambung, U., Kesehatan, D., Program, L., Kesehatan, S., Fakultas, M., Mangkurat, U. L., Universitas, K., Mangkurat, L., Length, A., & Stay, O. (2017). Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. 4(2), 49–56. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JPKMI/article/view/3841

Lubis, H. A., & Abdul Rasyid, Z. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN KELURAHAN BAGELEN KOTA TEBING TINGGI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 6(1), 138–158. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/attazakki/article/view/12867

Maulani, W. (2020). Penerapan Electronic Government Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Program E-Health Di Kota Surabaya). AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2), 44–54. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/Asy/article/view/3248%0Ahttps://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/Asy/article/download/3248/2378

Mernawati, D., & Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1), 45–52. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/phpj/article/view/7755

Rachman, A., & Effiyaldi, E. (2023). Sistem Informasi Cuti Pegawai Berbasis Web Pada Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 8(1), 55–66. https://doi.org/10.33998/jurnalmsi.2023.8.1.763

Raranta, J. (2022). Analisis Pelayanan Kenaikan Pangkat Aparatur Sipil Negara pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administro: Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 24–29. https://doi.org/10.53682/administro.v4i2.5711

SIMANJUNTAK, A. R. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEMATANGSIANTAR. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7959

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi & Diana, A. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/paraduta.v1i2.462

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks By:

   


KANTOR EDITORIAL

Paraduta : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial

PRODI MANAJEMEN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085228098616

Email: paraduta87@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.