Hubungan Karakteristik Individu Dengan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kelurahan Tambun Kabupaten Tolitoli

Maskur Maskur, Yuliana Yuliana, Gustiani Gustiani

Sari


Sumber daya manusia memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Bahkan sampai pada tingkat kebutuhan pendidikan dan keterampilan. Salah satu program yang dapat mendorong pembangunan adalah partisipasi masyarakat, pembangunan di tingkat organisasi Kelurahan yang merupakan skop terkecil diarahkan pada kewajiban bagaiamana pemerintah dan masyarakat bisa bersinergi. Sasaran pembangunan adalah bagaimana meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kelurahan Tambun merupakan salah satu Kelurahan yang ada di Kabupaten Tolitoli, pola pikir masyarakat yang ada dikelurahan Tambun ini pun sangat beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik individu terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan ekonomi di Kelurahan Tambun Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Tingkat partisipasi masyarakat ditahap perencanaan dianalisis dengan melihat bentuk partispasi masyarakat yang dikaitkan dengan karakteristik individu yang dimiliki. Dalam berkontribusi terhadap pembangunan di Kelurahan Tambun dalam bidang perencanaan, pelaksanaan pembangunan sampai dengan evaluasi pembangunan,  masyarakat melibatkan diri dalam meberikan sumbangan ide dan pemikiran serta gagagsan dalam menentukan pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Tambun, serta ikut memberikan solusi terhadap masalah yang timbul dalam proses pembangunan. Terlihat Dalam penelitian ini terdapat 20 informan yang terlibat dalam kegiatan pembangunan dikelurahan tambun dan merupakan orang yang sama dalam setiap event yang sama pula.

Kata kunci:  Karakteristik, partisipasi masyarakat, pembangunan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fiansi. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Pemasaran Berbasis Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Masyarakat Desa Sabang Kabupaten Tolitoli. Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi Dan Berkarya, 1(1), 6–10.

Fiansi, & Mirayanti. (2020). Analisis Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perikanan Kabupaten Toli-Toli. Jurnal Sinar Manajemen, 7(2), 105–109.

Fiansi, & T, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 141–145.

Mirayanti, & Fiansi. (2020). Efektifitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Fisik Di Desa Buntuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 50–61. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1104

Marta, E dan Kresno Sudarti. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Bidang Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Moebyarto. 2015. Strategi Pembangunan Perdesaan, P3PK, UGM, Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/paraduta.v1i1.230

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks By:

     


KANTOR EDITORIAL

Paraduta : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial

PRODI MANAJEMEN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085228098616

Email: paraduta87@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.