Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan UMKM Di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli

Fitriyah Astri, Fitri S. Kasim, Syarini S. Merahel

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui damapak pandemi Covid-19 terhadap perkembangan UMKM Dikecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli serta strateginya. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan  yang diteliti adalah Pelaku Usaha UMKM diberbagai bidang dalam hal ini Kuliner, Fashion dan agrebisnis dengan dinas terkait yaitu Dinas Koperasi sebagai Dinas yang mendata Jumlah UMKM yang ada dikecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Jumlah Informan adalah 21 orang yang mempunyai usaha. Dari hasil peneltian terhadap informan dapat di analisa bahwa selama pandemi UMKM memiliki dampak yang sama yaitu berkurangnya daya beli masyarakat karena adanya pembatasan sosial sehingga harus membatasi interaksi secara langsung, dari faktor inilah terjadi krisis pendapatan hingga daya beli, bagi banyak pelaku UMKM namun dari dampak krisis yang tejadi dapat membangun strategi-strategi baru bagi banyak pelaku UMKM  yaitu  mengubah strategi penjualan yang awalnya bersifat offline menjadi online dengan memanfaatkan media Sosial, strategi baru juga banyak dilakukan oleh pelaku UMKM guna mempertahankan usahanya saat pandemi dengan lebih peka terhadap perkembangan  informasi produk-produk terbaru untuk bisa menjadi inovasi penjualan selanjutnya. Dinas terkait dalamhal ini Dinas Koperasi Daerah Tolitoli telah membuat kebijakan bagi pelaku UMKM yang terdampak pandemi, yaitu dengan membuka pelatihan atau kursus bagi pelaku UMKM  agar dapat meningkatkan kehalian untuk mengembangkan usahanya, serta memberikan bantuan Usaha untuk pelaku UMKM.

Kata kunci : Dampak Pandemi Covid-19, UMKM , Starategi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fathoni, A. (2019). Dampak Covic 19 Dan Kebijakan Psbb Pemerintah Terhadap Umkm Di Wiyung Surabaya. Dinar: Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 3(1), 30-69

Fiansi. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Pemasaran Berbasis Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Masyarakat Desa Sabang Kabupaten Tolitoli. Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi Dan Berkarya, 1(1), 6–10.

Fiansi, & T, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 141–145.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Kumala, R., & Junaidi, A. (2020). Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 98–103.

Mirayanti, & Fiansi. (2020). Efektifitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Fisik Di Desa Buntuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 50–61. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1104

Moleong, Lexy J. 2010. "Metodologi Penelitian Kualitatif (XXVII)." Bandung: Remaja Rosdakarya .

Wijoyo, H. 2020. Digitalisasi UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Riau. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara 2020

Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/paraduta.v1i1.228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks By:

     


KANTOR EDITORIAL

Paraduta : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial

PRODI MANAJEMEN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085228098616

Email: paraduta87@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.