Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli

Trisna Trisna

Sari


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui Kinerja RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif Kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rumah sakit dan seluruh pegawai pada rumah sakit umum mokopido yang diukur dengan menggunakan empat perspektif. Teknik analisis data yang digunakan untuk perpsektif keuagan yaitu rasio-rasio keuangan dan untuk perpsektif pelanggan yang digunakan yaitu rasio retensi, akuisisi pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan, dan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang digunakan adalah retentsi karyawan, produktivitas karyawan dan tingkat kepuasan karyawan, sedangkan untuk perspektif bisnis internal yang digunakan adalah BOR,AVLOS,TOI, NDR, GDR dan BTO. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli masih kurang baik.

Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fiansi. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Pemasaran Berbasis Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Masyarakat Desa Sabang Kabupaten Tolitoli. Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi Dan Berkarya, 1(1), 6–10.

Fiansi, & T, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 141–145.

Mirayanti, & Fiansi. (2020). Efektifitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Fisik Di Desa Buntuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 50–61. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1104




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/paraduta.v1i1.227

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks By:

     


KANTOR EDITORIAL

Paraduta : Jurnal Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial

PRODI MANAJEMEN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085228098616

Email: paraduta87@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.