Peran Sertifikasi Halal Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Masyarakat Kabupaten Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.56630/paraduta.v3i3.1485Keywords:
Peran Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Kepercayaan KonsumenAbstract
Sertifikasi halal merupakan suatu prosedur yang diterapkan guna memperoleh sertifikat halal, yang melibatkan serangkaian tahapan untuk memverifikasi bahwa bahan baku, proses produksi, serta Sistem Jaminan Halal (SJH) sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Lembaga Pengkajian Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran sertifikasi halal dapat memperbaiki dan mendorong peningkatan kualitas produk yang dihasilkan oleh produsen atau pelaku usaha setempat, serta bagaimana sertifikasi tersebut mampu memberikan jaminan dan memperkuat kepercayaan konsumen di kalangan masyarakat Kabupaten Sumenep. Selain itu, penelitian ini juga mengukur sejauh mana sertifikasi halal berkontribusi terhadap peningkatan daya saing produk di antara pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lainnya atau di pasar, termasuk aspek seperti peningkatan volume penjualan atau keberlanjutan operasional usaha masyarakat lokal. Dengan demikian, penelitian ini akan menganalisis kontribusi sertifikasi halal terhadap perbaikan kualitas produk lokal bagi produsen di Kabupaten Sumenep, serta bagaimana sertifikasi tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan pada tingkat keyakinan konsumen di wilayah setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif, di mana pengumpulan data informasi dilakukan melalui teknik wawancara terhadap produsen atau UMKM yang telah memperoleh sertifikasi halal, serta konsumen di masyarakat Kabupaten Sumenep
References
Cahyani, F. G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19. https://doi.org/https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/527
Camelia, I., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Analisis Peran Sertifikasi Halal pada Bisnis UMKM Kabupaten Bekasi. JIEI : Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(02), 1474–1484. https://doi.org/https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/13349
Firnanda, A., & Zehro, S. F. (2025). Ekplorasi Sertifikasi Halal Dalam Strategi Pengembangan Produk UMKM. Industries : Journal of Halal Industry Development, 01(01), 44–54. https://doi.org/https://jurnal.branded.co.id/index.php/industries/article/view/17
Himmah, A., Qadariyah, L., & Sarkawi. (2024). Studi Eksplorasi Literasi Halal dan Sertifikasi Halal Pelaku Usaha UMKM di Lenteng Kabupaten Sumenep. Adl Islamic Economic, 5(2), 116–152. https://doi.org/https://ejournal.steialfurqon.ac.id/index.php/adl/article/view/130
M Maramis, I. S., Mananeke, L., & R Loindong, S. S. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Mediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan Apotek Mercke’lkolongan. Jurnal EMBA, 10(1), 39–48. https://doi.org/https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37531
Mardianto, D., Parakkasi, I., & Muthiadin, C. (2025). Peran Sertifikat Halal dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Produk Industri Pangan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, Dan Pajak, 2(2), 346–360. https://doi.org/https://ejournal.areai.or.id/index.php/JIEAP/citationstylelanguage/get/apa?submissionId=1192&publicationId=1192
Qadariyah, L. (2023). THE HALAL PARADOX : STRATEGIES FOR RESILIENT INDONESIAN FOOD MSMES. 12(2), 544–563. https://doi.org/10.22373/share.v12i2.17099
Reza, R. A., & Nasrulloh. (2024). Analisis Kesadaran Masyarakat Pesisir Madura Terhadap Sertifikasi Halal. Al- Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 225–239.
Rodiyah, A., & Amir, F. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Masyarakat Pada Produk Makanan dan Minuman di Kabupaten Bangkalan. Maro : Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(1), 159–168. https://doi.org/https://ejournal.unma.ac.id/index.php/maro/article/view/3803
Samsuri, & Warto. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98–112. https://doi.org/https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jieb/article/view/2803
Sari, R. (2023). Peran Sertifikasi Halal Dalam Meingkatkan Kepercayaan Konsumen ( Studi Kasus Pada Mahasiswa UMSU ). Hibrul Ulama : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 143–151. https://doi.org/https://www.ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/hibrululama/article/view/1012
Setiawan, & Mauluddi, H. A. (2019). Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Halal di Kota Bandung. At-Tijaroh : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 232–246. https://doi.org/https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/attijaroh/article/view/1849
Shofiyah, R., & Qadariyah, L. (2022). Pemaknaan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM Sektor Pangan yang Telah Bersertifikat Halal di Kabupaten Bangkalan. Maro : Jurnl Ekonomi Syariah Dan Binsin, 5(2), 246–259. https://doi.org/http://ejournal.unma.ac.id/index.php/Mr/index
Wafiq, W., Nahidloh, S., Fajar, F., Kurniawan, R., Keislaman, F., & Madura, U. T. (2024). Akselerasi Sertifikasi Halal di Kabupaten Sumenep Dinas Koperasi UKM , Perindustrian dan perdangangan serta UMKM Perspektif Maqashid Syari ’ ah. Digital Bisnis : Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(4), 119–134.






