Peyuluhan Isi Piringku Pada Remaja Di SMP Negeri 4 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara

Authors

  • Hartati Bahar uho
  • Sartiah Yusran Universitas Halu Oleo
  • Devi Savitri Effendy Universitas Halu Oleo
  • Febriana Muchtar Universitas Halu Oleo
  • Hariati Lestari Universitas Halu Oleo
  • Ramadhan Tosepu Universitas Halu Oleo
  • Ari Priadin Universitas Halu Oleo
  • Defriani Universitas Halu Oleo
  • Deswita Putri Cahya Alini Universitas Halu Oleo
  • Dian Sasmita Universitas Halu Oleo
  • Endang Sutriani Universitas Halu Oleo
  • Fitrianti Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.56630/jenaka.v3i3.988

Keywords:

Gizi seimbang; Remaja; Penyuluhan; Isi piringku; Edukasi interaktif

Abstract

Data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 menunjukkan bahwa 6,5% remaja di Sulawesi Tenggara mengalami kekurangan gizi, sementara 10% lainnya mengalami kelebihan gizi. Kondisi ini menandakan pentingnya intervensi edukatif yang tepat untuk meningkatkan kesadaran remaja mengenai pentingnya gizi seimbang. Edukasi gizi dengan pendekatan visual seperti “Isi Piringku” menjadi salah satu strategi yang efektif. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pola makan bergizi seimbang, dengan melibatkan sebanyak 30 siswa-siswi SMP Negeri 4 Kendari sebagai kelas percontohan. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif dan permainan edukatif “Ranking Satu”. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan signifikan nilai rata-rata pengetahuan dari 79,89 menjadi 94,89 (p < 0,05). Temuan ini membuktikan bahwa metode penyuluhan yang interaktif dan menyenangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman gizi seimbang pada remaja, dan memiliki potensi untuk diterapkan secara lebih luas di lingkungan sekolah lainnya guna membangun kebiasaan makan sehat sejak dini.

References

Atasasih, H., & Mulyani, S. (2022). Sosialisasi “Isi Piringku” pada remaja putri sebagai upaya pencegahan stunting. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 116–121.

Chairani, A., Hadiwiardjo, Y. H., Kristanti, M., & Prabarini, I. R. S. (2024). Pentingnya edukasi gizi seimbang dan pengenalan Isi Piringku pada siswa remaja SMA Islam. SEGARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.33533/segara.v1i2

Handayani, F., & Rahmawati, N. (2023). Efektivitas metode diskusi dalam edukasi gizi seimbang pada remaja. Jurnal Ilmu Gizi dan Kesehatan, 15(2), 88–94.

Lestari Natalina, S. (2023). Edukasi gizi Isi Piringku dengan media permainan puzzle di TK Tri Insani Permata Pekanbaru. Community Development Journal, 4(2), 4680–4686.

Nakabayashi, J., Melo, G. R. I., & Toral, N. (2020). Transtheoretical model-based nutritional interventions in adolescents: A systematic review. BMC Public Health, 20(1), 1543.

Nasution, A. M. T., Siregar, K. N., & Lubis, R. B. (2021). Pengaruh edukasi gizi berbasis budaya terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja mengenai gizi seimbang. Gizi Indonesia, 44(1), 1–9.

Nurfatimah, N., Zainuddin, A., Meliahsari, R., & Yunawati, I. (2025). Hubungan personal hygiene, pengetahuan gizi dan pendidikan orang tua dengan status gizi remaja di SMAN 9 Kendari Kota Kendari. Jurnal Kesehatan Lingkungan Universitas Halu Oleo (JKL-UHO), 6(1), 73–76.

Rejo, A., Hartanti, A. I., Trisetya, G. W., Yahya, N. F. A., & Putri, Y. H. (2024). Pendidikan kesehatan gizi seimbang ‘Isi Piringku’ di SDN 2 Mriyan, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. Jurnal Pengabdian Komunitas (JPEK), 3(3), 62–68. https://jurnalpengabdiankomunitas.com

Rohmah, N., & Nugroho, A. (2021). Edukasi gizi melalui media permainan tradisional untuk meningkatkan pengetahuan gizi anak. Jurnal Media Gizi Indonesia, 16(2), 67–72.

Sari, R. D., & Utami, T. W. (2022). Penggunaan media visual dalam edukasi gizi untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Prima, 6(1), 45–51.

Susilawati, D., Handayani, S., & Mulyono, H. (2020). Efektivitas pendidikan gizi berbasis partisipatif dalam meningkatkan perilaku konsumsi sehat siswa SMP. Jurnal Kesehatan Komunitas, 8(1), 25–31.

Tumanggor, L., Butarbutar, A. F., Gultom, Y. T., Purba, S. S., & Agrifina, M. (2023). Sosialisasi dan edukasi poster Isi Piringku di SMP Negeri 31 Medan. Jurnal Pengabdian Kesehatan (JUPKes), 3(1), 55–59.

Vani, A. T., Triansyah, I., Dewi, N. P., Abdullah, D., & Zulkarnaini, A. (2024). Pengenalan Isi Piringku dengan metode pendekatan seni gambar di SMP Yari Padang. Nusantara Hasana Journal, 3(8), 54–59.

Yustifitya. (2024, October 31). Gizi seimbang dengan Isi Piringku untuk generasi masa kini. Kesmas-ID. https://kesmas-id.com/gizi-seimbang-dengan-isi-piringku-untuk-generasi-masa-kini/

Published

2025-09-05

How to Cite

Bahar, H., Yusran, S., Effendy, D. S., Muchtar, F., Lestari, H., Tosepu, R., … Fitrianti. (2025). Peyuluhan Isi Piringku Pada Remaja Di SMP Negeri 4 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi Dan Berkarya, 3(3), 122–129. https://doi.org/10.56630/jenaka.v3i3.988