Edukasi HPP dan Media Sosial sebagai Penguat UMKM Kampung Topi Punggul Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.56630/jenaka.v3i3.981Keywords:
UMKM, Kampung Topi Punggul, Harga Pokok Produksi, media sosial, pemberdayaan masyarakat, pemasaran digitalAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian lokal Indonesia, termasuk di Kampung Topi Punggul, Sidoarjo, yang telah dikenal sebagai sentra kerajinan topi sejak tahun 1970-an. Namun, sebagian besar pelaku UMKM di sana masih menghadapi kendala serius dalam manajemen operasional, khususnya dalam perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) yang berdampak pada penetapan harga jual yang tidak akurat, serta kurangnya pemanfaatan media sosial untuk promosi dan perluasan pasar. Merespons permasalahan ini, kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui pendampingan penerapan sistem HPP dan pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi usaha. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui kerja sama langsung dengan masyarakat. Kegiatan ini berlangsung selama dua bulan (April-Mei 2025) dan meliputi survei dan wawancara awal, sosialisasi perhitungan HPP, serta edukasi dan pendampingan pemanfaatan media sosial untuk promosi. Hasil utama pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam menghitung HPP yang sebelumnya belum sistematis. Selain itu, mereka mulai aktif memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp Business untuk promosi, didukung keterampilan dasar desain menggunakan Canva, serta menunjukkan perubahan positif menuju manajemen usaha yang lebih modern dan adaptif terhadap teknologi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan UMKM yang dapat direplikasi di wilayah lain di Indonesia, namun perlu adanya pendampingan lanjutan dan kolaborasi dengan berbagai instansi untuk mendukung keberlanjutan dan penyediaan fasilitas penunjang yang memadai, mengingat adanya kendala keterbatasan waktu dan perangkat digital.
References
Aulia, F. U., & Aini, I. K. (2020). PENGUKURAN LABA BERDASARKAN PRAKTIK AKUNTANSI UMKM ONLINE DI KABUPATEN PAMEKASAN. AKUNTANSI: Jurnal Akuntansi Integratif, 06(02).
Chandra, S. D., Istiqfarah, S. A., Wardana, S. R., Nuraini, Z. D., Setiawan, Y. R., Muzakki, M. R., Susanto, F. F., Purwanto, P. D. Y., Qolbiyyah, S., Ansah, M. H., & Lating, A. I. S. (2024). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Distributor Air Mineral : Maaqo menggunakan Aplikasi Lamikro. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol., 5(4), 2732–2738. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.10799
Kader, M. A., Prawiranegara, B., & ... (2024). Digitalisasi UMKM Melalui Literasi Digital dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kualitas Produk dan Volume Penjualan. Journal of …, 349–362.
Khairani, L., Baharuddin, H. A., Prameswari, M. D., Agustin, D. P., Noviantika, K. E., Pujasari, A. T., Puspita, R., Robani, M. B. A., Lating, A. I. S., & Muflihin, M. D. (2024). SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENENTUAN HARGA JUAL, PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM JASA LAUNDRY DI BANYU URIP. JURNAL PENAMAS ADI BUANA, 8(01), 7–18. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas
Muhammad, A. A., Saputro, A. A., Al Humairoh, A. Z., Sukma, D. S., Rizkillah, R., Wahono, A. F., Haryono, D. R., Ariesta, I., & Aditama, M. H. (2023). Edukasi Pemasaran Digital dan Perhitungan Harga Pokok Penjualan di Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 269–278. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.9.2.269-278
Muhammad Farras Nasrida, Ausi Pandahang, & Dicky Febrian. (2023). Perkembangan UMKM Di Indonesia Dan Potensi Di Kota Palangka Raya. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 2(1), 45–49. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v2i1.548
Nahrowi, M., Utomo, A. P., & Susanti, N. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Promosi Pada Usaha Buket VA . Galeryy. 46–51.
Nasori, N., Indrawati, S., Endarko, E., Mashuri, M., Prayitno, G., & Rubiyanto, A. (2022). Pemetaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Jawa Timur Menuju Sertifikasi Halal Tahun 2024. Sewagati, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.172
Ni Kadek Frischa Devi Marchaeni, & Zaenal Wafa. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha dan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 88–96. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1284
Pinem, A. P. R., Pungkasanti, P. T., & Aprinta, G. (2024). Mengatasi Hambatan Literasi Digital: Strategi Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Desa Truko. Jurnal Surya Masyarakat, 6(2), 251. https://doi.org/10.26714/jsm.6.2.2024.251-256
Rahmatulloh, H. D., Hidayatulloh, M. B. Y., Jayanti, N. H., Minadhifah, P. N., Melati, S. K., Yunianti, S. A., Jannah, S., Lating, A. I. S., & Aristantia, S. E. (2024). PELATIHAN ANGGARAN DAN LAPORAN LABA-RUGI PADA UMKM WARUNG MAKQITA. 4(2), 269–277. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/705/596
Rosyidah, U. A., & Warisaji, T. T. (2024). Pelatihan Digital Marketing dan Optimasi Media Sosial Untuk Meningkatkan Visibilitas UMKM. Journal of Community …, 258–266.
Sofiyantu, & Riofita, H. (2024). Optimalisasi Platform Digital Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM. IME Inovasi Makro Ekonomi, Vol.6,No.3(3), 131–132.
Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2506
Zulaikha, T. S. A., Fauzan, S., Khadijah, T. A. Z., & Fahmisyah, W. (2022). Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 168–174. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158.