Edukasi Mitigasi Bencana Alam Wilayah Pesisir Untuk Meningkatkan Pengetahuan Serta Ketanggapan Dalam Menghadapi Bencana Alam “Tsunami” Di Sekolah Dasar Negeri 2 Tapulaga

Siti Rabbani Karimuna, Gledys Marsita M. Konggoasa

Sari


Tsunami merupakan bencana yang jarang terjadi namun cukup memberikan kerusakan yang para terhadap daerahpesisir yang terkena dampaknya. Banyaknya korban jiwa dan juga harta benda yang disebabkan oleh kurangnya kesiapan dalam menghadapi bencana tsunami. Provinsi Sulawesi Tenggara sering terjadi berbagai macam bencana alam. Soropia merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Soropia berada di wilayah pesisir, yang aktivitas, masyarakatnya berada di wilayah Pantai, menjadikan tempat ini sangat rentang terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan efektivitas bencana alam terhadap pengetahuan maupun ketanggapan siswa SDN 2 Tapulaga. Jumlah responden atau siswa dalam penelitian ini berjumlah 20 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-test dan post-test dan dianalisa menggunakan uji Paired T-Test. Dari hasil uji sebelum di berikan pre-testdengan post-test diperoleh bahwa rata-rata hasil pre-testsebesar 72,00 dan rata-rata hasil post-test sebesar 98,00. Artinya terdapat perbedaan pengetahuan pada hasil uji Paired T-Test tersebut, dengan p value 0.000. maka dari itu diperlukan adanya tindakan untuk menyadarkan betapa pentingnya akan bahaya tsunami serta kesiapsiagaan dalam mengadapi bencana alam tsunami.

Kata kunci: Mitigasi Bencana, Bencana Alam, Tsunami, Pengetahuan



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bachtiar W. Mutaqin, I. A. (2020). Pola Kejadian Tsunami dan Perkembangan Manajemen Bencana di Indonesia setelah Tsunami Samudra Hindia Tahun 2004: Sebuah Tinjauan. JURNAL LINGKUNGAN DAN BENCANA GEOLOGI, 73-85.

Nurul Muhlisah, R. M. (2021). Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 107-111.

Rukmena Siregar, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 258-271.

Sari Arie Lestari, I. I. (2022). EFEKTIVITAS SIMULASI BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA 1 SOROPIA DI WILAYAH PESISIR KECMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE. Jurnal Surya Medika (JSM), 258-262.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jenaka.v2i3.688

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

 

          

 

KANTOR EDITORIAL

Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi dan Berkarya

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: lingayan2022@gmail.com, suardiaseq@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.