Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Tuna Untuk Meningkatkan Pendapatan Ibu-Ibu Nelayan Di Desa Galumpang Kabupaten Tolitoli

Ramlawati Ramlawati, Hilmi Hilmi, Putu Yeni, Sulastriana Sulastriana

Sari


Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan didesa Galumpang kecamatan Dakopamean bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok ibu-ibu nelayan melalui penggunaan teknologi baik itu pengolahan, pengemasan maupun segi manajemen pengembangan usaha ibu-ibu nelayan dengan bahan dasar ikan tuna menjadi usaha produk olahan makanan yang bernilai ekonomis. Yang menjadi latar belakang pengabdian ini adalah melihat dari hasil tangkapan nelayan selama ini hanya dijual kepada para tengkulak dengan harga murah, disamping itu juga hanya digunakan untuk konsumsi kebutuhan keluarga. Pengabdian dilakukan dengan melalui pelatihan dan penyuluhan agar ibu-ibu nelayan dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan menjadikan produk khas abon ikan tuna sebagai nilai tambah pendapatan keluarga. Hasil pengabdian ini adalah agar dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan ibu-ibu nelayan terhadap pembuatan, pengemasan dan pemasaran abon ikan tuna secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Abon ikan, pendapatan ibu nelayan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, L (2012) Kebijakan Pengembangan Perikanan Berkelanjutan (Studi Kasus :Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara) Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik

Huda, N., Jaenab., Tasrin, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Tuna Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pesisir di Desa Nipa Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Dharma Jnana jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. no. 3

Muchtar, F., Bahar, H., dan Lestari, H (2020)jurnal Pemanfatan Protein Hewani Melalui Pengolahan Nugget Ikan Tuna Di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara.

Wahida, W., Sunarni, S., & Widijastuti, R.(2020) jurnal. Pelatihan pembuatan Abon Ikan Gabus DikampungSarmayam Indah Distrik Tanah Miring Kabupaten Marauke.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jenaka.v1i2.375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

 

          

 

KANTOR EDITORIAL

Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi dan Berkarya

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: lingayan2022@gmail.com, suardiaseq@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.