Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Umum 2024

Ayu Lestari, Muhammad Iqbal, Daniati Hi. Arsyad, Nursifa Nursifa, Masrin Gafar, Andi Nur’aini

Sari


Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat pesisir dalam pemilihan umum 2024 mendatang.  Pengabdian ini ditujukan untuk meningkat partisipasi masyarakat pesisir dalan pemilihan umum dan pentingnya kontribusi mereka pada pemilihan umum 2024 nantinya. Salah satu tantangan Tim PKM dalam melaksananakan pengabdian yaitu akses transportasi menuju lokasi sangat terbatas. Sedangkan tantangan bagi masyarakat pesisir yaitu minimnya informasi terkait pemilu dan pendidikan politik bagi mereka. Sosialiasi pengabdian ini diharapakan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dan membuka pemikiran masyarakat terkait pentingnya pemilu dalam proses demokrasi di Indonesia. Kedepannya dapat dilakukan kegiatan serupa di tempat berbeda dengan kondisi yang sama, agar mampu meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum secara signifikan. Dan menjadi sarana pembelajaran bagi tim PKM terutama bagi mahasiswa yang ikut dalan kegiatan ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Becker, Fernando Gertum et al. 2015. 7 Syria Studies Miriam Budiardjo. Dasar-Dasar Ilmu Politik.

Lestari Ayu. 2022. 6 Pengantar Ilmu Adminstrasi Publik. 2022nd ed. ed. Agus Hendrayady. Bandung : penerbit media sains indonesia (Cv Media Sains Inonesia).

Lestari, Ayu, Daniati Hi Arsyad, Masrin Gafar, and Andi Nur. 2023. “Peningkatan Pemahaman Masyarakat Pesisir Tentang Pelayanan Adminstrasi Publik Di Dusun Salu Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.” 1(2): 34–38.

Nurkinan, N. 2018. “Peran Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilihan Umum Serentak Anggota Legislatif Dan Pilres Tahun 2019.” Jurnal Politikom Indonesiana 3(1).

Yusrin, Yusrin, and Salpina Salpina. 2023. “Partisipasi Generasi Millenial Dalam Mengawasi Tahapan Pemilu 2024.” Journal on Education 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jenaka.v1i3.364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

 

          

 

KANTOR EDITORIAL

Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi dan Berkarya

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: lingayan2022@gmail.com, suardiaseq@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.