Sosialisasi Pengolahan Sayur Dan Buah Menjadi Minuman Kesehatan Kepada Mahasiswa Universitas Deli Sumatera Di Hidroponik Binjai Sumatera Utara

Dini Novita Sari, Tuti Wardani Siregar, Ridho Fahrusi

Sari


Penanaman dengan metode hidroponik sangat mudah untuk dipraktekkan oleh masyarakat dan kita bisa mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur yang hasil sayurannya bisa kita olah menjadi minuman sehat. Minuman kesehatan dari sayuran dan buah sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, namun untuk memperoleh manfaat vitamin yang maksimal dari sayur tentunya harus melalu proses pengolahan yang tepat. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah melatih masyarakat dalam membudidayakan sayuran dengan teknik hidroponik dan juga mengenalkan berbagai macam olahan sayuran dan buah  untuk minuman kesehatan kepada dosen dan mahasiswa Universitas Deli Sumatera. Kegiatan dalam pengabdian ini berbentuk pelatihan sistem pertanian hidroponik serta sosialisasi pengolahan sayur dan buah menjadi minuman kesehatan yang meliputi: pemberian materi dengan metode ceramah dan tanya jawab, praktek pembuatan perangkat/instrumen hidroponik, praktek budidaya tanaman secara hidroponik dan praktek pembuatan minuman kesahatan berbahan dasar sayur dan buah hingga proses packing dan pelabelan. Pelaksanaan kegiatan ini dihadari 44 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas Deli Sumatera bekerjasama dengan Hidroponik Binjai selaku mitra Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara. Berdasarkan keaktifan dan antusias peserta pengabdian kepada masyarakat terhadap budidaya sayuran hidroponik dan penolahan sayur dan buah menjadi minuman kesehatan karena dilakukan secara langsung demonstrasi/praktik. Sehingga meningkatkan pemahaman, maka hal ini mengindikasikan keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan.

Kata kunci : buah, hidroponik, sayur, minuman kesehatan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Handayani, F., Sapri, & Ansyori, A. K. 2018. Pelatihan Budidaya Sayur Organik dan Tanaman Herbal Organik Berbasis Teknik Hidroponik. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(2), 57–64.

Harris, R. S. dan E. Karmas. 1989. Evaluasi Gizi pada Pengolahan Bahan Pangan. Penerjemah: S. Achmadi. ITB – Press, Bandung.

Kusuma, G. B. 2014. Bertanam Sayuran Hidroponik. Retrieved September 8, 2018. Diakses dari https://tarunatanikutaliman.wordpress.com/2023/03/25/bertanam-sayuran-hidroponik/.

Pantastico, E. R. B. 1986. Fisiologi Pasca Panen: Pemanfaatan dan Penanganan Buah-buahan danSayur-sayuran Tropika dan Subtropika. Penerjemah : Kamariyani. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Roidah, I. S. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO.

Rosliani, R., & Sumarni, N. 2005. Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Bandung: Balai Penelitian Tanaman Sayuran Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Syaefa, E., Duryatmo, S., Angkasa, S., Apriyanti, R. N., Raharjo, A. A., Rizkika, K., Awaluddin, M. 2014. Hidroponik Praktis. Depok: PT Trubus Swada.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jenaka.v1i2.362

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

 

          

 

KANTOR EDITORIAL

Jurnal Cendekia Mengabdi Berinovasi dan Berkarya

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: lingayan2022@gmail.com, suardiaseq@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.