Pelayanan Prima Perusahaan Daerah Air Minum Di Unit Ibu Kota Kecamatan (IKK Tinabogan) Kabupaten Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.56630/jsp.v2i1.849Keywords:
Pelayanan Prima, PDAM, IKK TinaboganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelayanan prima pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Unit IKK Tinabogan Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ditentukan secara purposive, sehingga terpilih 8 orang informan yang terdiri dari pegawai PDAM Unit IKK Tinabogan dan masyarakat lokal sebagai pelanggan. Masalah penelitian ini dianalisis menggunakan taori pelayanan prima menurut Atep Adya Barata (2003:31), adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap (attitude), sikap karyawan PDAM Unit IKK Tinabogan sudah sesuai dengan kode etik perilaku pelayanan yang seharusnya ditampilkan oleh karyawan. Penampilan (appearance), karyawan sudah memperlihatkan cara berpakaikan yang baik yang sesuai dengan penampilan karyawan pada umumnya. Perhatian (attention), masyarakat merasa tidak diperhatikan oleh karyawan karena kebutuhan yang pelanggan inginkan tidak diwujudkan atau tersalurkan. Tindakan (action), yaitu tidak ada tindakan yang nyata yang dilakukan oleh karyawan seperti melaksanakan aturan atau kebijakan yang diberikan oleh perusahaan kapada karyawan. Kemampuan (ability), yaitu karyawan belum mampu menangani keluhan yang di akibatkan oleh kurangnya karyawan pada perusahaan. Tanggung Jawab (accountability), belum ada keberpihakan karyawan pada pelanggan seperti karyawan yang belum mempertanggung jawabkan tugas pokok dan fungsi sebagai karyawan atau pemberi layanan.Maka dari 6 indikator yang ada, hanya 2 indikator yang sudah terpenuhi diantanya itu sikap dan penampilan sedangkan yang tidak terpenuhi ada 4 yaitu perhatian, kemampuan, tindakan dan tanggung jawab.
References
Arsyad. (2021). Etika Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Desa Malala Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli. 1(12).
Bantilan, M. S. (2020). Peraturan Bupati Tolitoli Nomor 28 Tahun 2020 Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum Tahun 2020-2036.
Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Gramedia, Jakarta.
H.Moh.Maruf, S. (2007). Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2007 Tentang Organ Dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum. 1–14.
H.Moh Maruf, S. (2006). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Pedoman Teknis Dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minum Pada Perusahaan Daerah Air Minum.
Handoko, L. T. (2019). Peraturan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Budaya Pelayanan Prima Di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 1647.
Kasmir. (2005). Etika Customer Service.Jakarta : Raja Grafindo Persada. Rahmayanty, (Vol. 14, Issue 2).
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada. (Vol. 2).
Lestari, A. (2019). Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Penyediaan Air Bersih Kepada Masyarakat Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 7(4), 1887–1900. ejournal.ipfisip-unmul.ac.id %0D
Mastura, R. (2022). Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 34 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Perhitungan Dan penetapan Tarif Batas Atas Dan Batas Bawa Air Minum. 1–6.
Nur’aini, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. 1(12).
Robbins, stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia. (Vol. 2014).
Sawir, M. (2010). Kualitas pelayanan akademik di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas madako kabupaten tolitoli provinsi sulawesi tengah.
Sawir, M., Sos, S., AP, M., Mochamad Hanafi, S. A. P., Herawati, K. M., & Ningsih, Y. & Mardhatillah, M.(2022). Ilmu Administrasi Disegala Bidang. Media Sains Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Widodo, J. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 122 Tahun 2015 Tentang Sistem Penyediaan Air Minum. 52.
Yudhoyono, D. H. S. B. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.














