Manajemen Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata Alam Di Desa Lelean Nono Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli

Authors

  • Risma Amalia Universitas Madako Tolitoli
  • Abdul Wahid Safar Universitas Madako Tolitoli
  • Abd. Kahar Universitas Madako Tolitoli
  • Eka De Patmonsela Liow Universitas Madako Tolitoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana manajemen pemerintah desa dalam pengelolaan kawasan objek wisata alam di Desa Lelean Nono Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sehingga terpilih sebanyak 6 informan. Manajemen pemerintah desa dalam pengelolaan kawasan objek wisata alam di Desa Lelean Nono dikaji menggunakan teori George R Terry, 1958 (Sukarna, 2011:10) dengan 4 indikator yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling (PAOC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemerintah desa dalam pengelolaan kawasan objek wisata alam di Desa Lelean Nono belum optimal menciptakan pengelolaan daya tarik wisata alam yang ada di desa. Kata Kunci : Manajemen; Pemerintah Desa; Wisata Alam.

References

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. In Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Lestari, A. (2016). Analisis budaya organisasi dikantor bupati tolitoli. Katalogis, 92–103. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/8925

Sabrina, R. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara (Issue JUNI).

Sawir, M., & Pende, H. H. (2020). Peran Pemerintah Desa Lalos Dalam Mengembangkan Obyek Wisata Pantai Batu Bangga. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).

Sawir, M., Yuswadi, H., Murdyastuti, A., & Pairan, P. (2021). Sustainable Tourism Development Based on Local Wisdom in Rural Area, Study in Lalos Village, Tolitoli, Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3).

Siagian. S. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta. In Metode Penelitian Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata konsep dan aplikasinya di Indonesia. Gava Media. https://repository.ugm. ac.id/ id/eprint/ 101212

Widianingsih, R., Bawono, I. R., & ... (2019). … Struktur Pengendalian Internal, Kualitas Sumber Daya Manusia, Kelengkapan Dokumen Arsip Usaha Dan Fungsi Manajemen Terhadap Perkembangan Usaha …. Jurnal Litbang ….

Published

2024-05-18

Issue

Section

Artikel