Strategi Pemerintah Desa Mendukung Pembangunan Jalan Di Desa Ogolali Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli

Nihla Nihla, Nursam Nursam, Abd. Kahar, Arfan Arfan

Sari


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemerintah desa dalam mendukung pembangunan infrastruktur jalan di Desa Ogolali Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih sebanyak 5 informan, yaitu: 1 Sekretaris Desa Ogolali, 2 orang Aparat Desa, Ketua BPD dan 1 orang masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori strategi menurut Salusu, yang ditinjau dengan tiga aspek, yaitu strategi organisasi, strategi program, dan  strategi pendukung sumber daya. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa aspek strategi organisasi sudah terpenuhi, dimana tujuan pembangunan infrastruktur jalan dianggap dapat membantu prekonomian masyarakat. Pada aspek strategi program dan aspek sumber daya belum terpenuhi karena belum adanya dukungan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan, sehingga perencanaan program yang telah disusun tidak dapat terealisasi dengan baik.

Kata Kunci : Strategi, Pemerintah Desa, Pembangunan, Jalan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, S. (2023). INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Alam Jaya Jatiuwung Tangerang). Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(1), 17–22.

Aritonang, S. E. T., Siagian, B. A., & Sitorus, P. J. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta Nasrani 3 Medan TA 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14096–14106.

Cahnia, Z. A., Darubekti, N., & Samosir, F. T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12(1), 48–54.

Endah, K. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : MENGGALI POTENSI. 6, 135–143.

Firmansyah, H. (2021). STRATEGI PEMBANGUNAN. Manajemen Pembangunan Wilayah: Strategi dan Inovasi.

Kadir, M. (2022). Dampak Modernisasi Terhadap Perkawinan Adat Bugis Bone Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Di Kec. Awangpone Kab. Bone) (Doctoral dissertatio). IAIN Bone.

Kotler & Amstrong, 2003 Strategi Pemerintahan Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Perpustakan Daerah Kota Tangerang Selatan.

Rorong, M., Lumolos, J., & Undap, G. (2017). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan di Desa Bango Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara Tahun Anggaran 2015. JURNAL EKSEKUTIF, 1(1).

Salusu. (2006). Pengambilan Keputusan Strategi Untuk Organiasasi Publik Dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung Alfabeta.

Syadat, F. A., & Izzati, N. K. (2023). Analisis Strategi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi Tahun 2020-2022. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 3(5), 578–586.

Undang-Undang No.38 Tahun 2004 tentang Jalan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.