Efektivitas Program Kerja Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Mencegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Kabupaten Tolitoli

Ana Rafiqa Alda, Nursifa Nursifa, Masrin Gafar, Arfan Arfan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Program Kerja Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Mencegah Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas program kerja oleh (Sariati et al., 2022) dengan empat indikator yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Hasil penelitian ini menunjukan Efektivitas Program Kerja Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Mencegah Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Kabupaten Tolitoli belum sepenuhnya maksimal dari empat indikator tersebut ada tiga yang belum terpenuhi 1).Ketepatan Sasaran Program sejauh ini sudah tepat yakni yang menjadi sasaran program yaitu tokoh-tokoh yang paham dan kritis, 2).Sosialisasi Program belum terpenuhi karena kurangnya pelaksanaan program yang dilakukan di setiap tahunya dikarenakan anggaran yang terbatas, 3).Tujuan Program yakni mengurangi tindak kekerasan terhadap perempuan akan tetapi yang terjadi dilapangan meningkatnya jumlah kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga disetiap tahunnya, 4). Pemantauan Program belum terpenuhi karena pemberian informasi terkendala di satuan tugas (satgas) yang di bentuk tidak berpartisipasi dalam tugas dan tanggung jawab yang diberikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kultsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Efektivitas Kerja Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Trasti Global Konverta. Journal of Business Studies, 2(2).

Maleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitati. In Remaja Rosdakarya Offset: Vol. VI (Issue 1).

Sariati, N. W. Y., Budiani, N. N., & Suarniti, N. W. (2022). Description Of Knowledge Of Women Of Reliable Age About Contraception In Women. Jurnal Kebidanan Malahayati, 8(2). https://doi.org/10.33024/jkm.v8i2.4866

Sondang P. Siagian. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta. In Metode Penelitian Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.