Kualitas Pelayanan Pindah Domisili Di Kantor Desa Gio Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.56630/jsp.v2i1.1476Keywords:
Kualitas Pelayanan, Pindah Domisili, Desa Gio TolitoliAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa pelayanan pindah domisili yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Gio Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Dalam penelitian ini terdapat 6 informan yang dipilih melalui teknik purposive dan yang menjadi informan kunci adalah Kepala Desa Gio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayana pindah domisili pada kantor Desa Gio dengan menggunakan lima indikator Keandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati dan Berwujud, bisa dikatakan sudah cukup berkualitas dalam berkemampuan memberikan pelayanan, akan tetapi lambat dalam pengurusan pelayanan khususnya pindah domisili, adapun juga kurang memberikan penjelasan terkait syarat-syarat pengurusan pelayanan pindah domisili, aparat Desa Gio belum cukup tanggap dalam memberikan pelayanan, hal ini kurang mendengar atas apa yang menjadi keluhan masyarakat serta lambat dalam mengatasi proses pelayanan pindah domisli, pemerintah Desa Gio juga kurang dalam memberikan respon yang baik terkait pengurusan pelayanan pindah domisli, dan peralatan yang digunakan sering mengalami kerusakan. Kemudian pegawai kurang memahami dalam penggunaan peralatan yang ada pada kantor Desa Gio.
References
Arsyad, D. H. (2021). Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatan Kedisiplinan Kerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli
Humairah. 2024. Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Camat Sirimau Kota Ambon. Jurnal Perkembangan Kajian Sosial (Perkasa), Vol. 1, No. 1, April 2024
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Mandar Maju: Jakarta.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. PT. Indeks: Jakarta.
Lestari, A. (2021). Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Pembertdayaan Masyarakat Di Desa Batuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. In Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian.
Masrin Gafar. (2022). Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Basidondo Kabupaten Tolitoli. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2551–2566. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i6.402
Miles, M. B. & A. M. H. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.
Nabila, M., & Iqbal, M. (2025). Etika Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Pulias Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli. Jurnal Sektor Publik: Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 2(1), 11-15.
Parasuraman and Grewal, 2000., The Impact of Technology on the Quality Value Loyalty Chain: A Research Agenda., Journal of The Academy Science, 28 (1)., p. 168-174.
Ririn, Tri Ratnasari & H. Aksa Mastuti. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Surabaya: Ghalia Indonesia.
Sawir, M. (2017). Kualitas Pelayanan Akademik Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Madako Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah.
Sawir, M., Sos, S., AP, M., Hanafi, M., Herawati, K. M., Ningsih, Y., ... & Ap, S. (2022). Ilmu Administrasi Disegala Bidang. Media Sains Indonesia.
Sinambela. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara: Jakarta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.
Tjiptono, & Chandra. 2011. Quality & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta














